Minggu, 07 Maret 2010

Mengapa Kita Belajar Bahasa Indonesia ?

Bahasa Indonesia adalah Bahasa Nasional di Indonesia. tapi, sudahkah kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar? Banyak orang Indonesia menganggap bahwa mereka telah dapat berbahasa Indonesia, ada pula yang menganggap bahasa Indonesia tidak perlu dipelajari karena bahasa Indonesia telah mereka gunakan sejak mereka pertama kali dapat berbicara, dan banyak alasan lainnya yang diungkapkan sebagai pembenaran tidak pentingnya mempelajari bahasa Indonesia.

Sangat ironis ketika generasi muda bangsa Indonesia meremehkan mata pelajaran bahasa Indonesia, namun pada saat lainnya menganggap momok manakala harus menghadapinya sebagai materi pelajaran yang diujikan.

Pentingkah bahasa Indonesia ? Perlukah kita mempelajari bahasa Indonesia ? Jawaban seharusnya adalah ’Ya’. Mengapa ? Karena sebagai bangsa Indonesia sudah sewajarnyalah kita mempelajari bahasa Indonesia agar kita dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia adalah salah satu identitas bangsa Indonesia, bila dianalogikan : tidak menggunakan bahasa Indonesia dapat diartikan kita menghilangkan jati diri kita. Pantas bila akhir-akhir ini banyak identitas kita diakui oleh bangsa lain karena sebagai pemiliknya kita tidak menjaga dan memeliharanya dengan baik dan benar. Mari kita belajar bahasa Indonesia agar tidak kehilangan salah satu jati diri kita !

1 komentar:

  1. Seharusnya memang bahasa Indonesia dapat membuat masyarakat kita bangga karena justru banyak sekali materi pembelajaran berupa buku, VCD, audio CD bahkan flash cards tentang Indonesian language. Coba cek http://www.learntospeak.com.au/index.php/indonesian-language.html dan anda akan terkesan bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia dikemas sangat menarik

    BalasHapus